Kamis, 19 Desember 2013

Internsip di Pulau Nias

Yaahowu....
Ya begitulah sapaan warga sekitar sini bila berpapasan di jalan atau mungkin sekedar “Say Hello” saja..
Yak saya sekarang sedang berada di Pulau Nias,, tepatnya di kota Gunungsitoli menjalani program dari Kemenkes yang disebut dengan Program Internsip Dokter Indonesia.
Bagi sebagian orang mungkin masih aneh mendengar kata Dokter Internship ini… Apakah sama dengan Dokter Muda (Co – Ass) ?? jawabnya tidak..
Dokter Internsip adalah program yang harus dijalani seorang dokter apabila dokter tersebut telah menyelesaikan Co-Ass/kepaniteraan klinik dan telah lulus UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia). Jadi kalau belum lulus UKDI ya gak bisa ikut internsip.. hahahhaa..
Internsip ini dilakukan selama  1 tahun..  dan kebetulan saya mendapatkan tempat di Nias ini.
Awalnya saya tidak berpikir bisa dapat tempat disini.. maunya sih yang dekat2 saja dari rumah.. hehehehe.. tapi karena situasi, akhirnya saya memutuskan untuk internsip disini.. Di Pulau Nias...
Pada saat pertama kali datang ke pulau ini,, saya merasa sedikit takut. Karena kata orang,,Nias itu masyarakatnya masih kuno,, masi ortodok,, dan tidak jarang mereka melakukan hal-hal yang berbau mistis untuk menjatuhkan orang yang tidak mereka senangi.. Serem kaann..

Tapi semua pemikiran saya itu akhirnya berubah total setelah saya selama beberapa bulan tinggal disini.. Orang-orang disini ternyata baik-baik lhoo.. gk seperti kata orang.. Ya saya punya prinsip,,kita baik2 aja sama orang, mudah2an orang lain juga baik sama kita..
Ya walaupun muka masyarakat disini agak serem dan logatnya keras,, tapi sifat mereka baik terhadap saya..
 
Banyak pengalaman yang saya dapat sejak tinggal di Nias ini.. salah satunya yaa dari program internsip ini,, saya banyak mendapat ilmu yang sebelumnya saya tidak tahun dari senior ataupun supervisor di Rumah Sakit.. Walaupun memang kadang ada senior yang jahil yang mengajarkan ilmu2 yang sesat kepada saya.. Ya intinya ilmu itu harus disaring juga lahh,, jangan diterima mentah2 ya kan..
Dan disini juga saya bertemu dengan kawan SMA saya.. yaa lumayan lah buat mempererat silaturahmi..
Trus kan di Nias itu pantainya bagus2.. Ini salah satu pantai yang sempat saya abadikan fotonya..

Gimana?? Bagus kan pantainyaaaaa.... 

Pengalaman yang lain yang saya dapat lagi dan menurut saya paling penting,, saya jadi bisa belajar berdaptasi di lingkungan yang berbeda dan saya jadi bisa menilai karakter2 dari masing2 orang.. Karena tiap orang itu punya karakter masing2 dan beda pula cara menyikapinya..


4 komentar:

  1. Kak, mau nanya nih.. Bisa ga kkak share ttg fasilitas dan administrasi yg kkak dapat selama di Nias?..
    Gpp kan, Kak?

    Terimakasih..

    BalasHapus
  2. Wah maaf ivo, saya udah lama gak update tentang internsip lg.. Tp waktu zaman saya dulu.. Fasilitas seperti rumah dan makan sehari-hari itu dipersiapkan sendiri. Dan untuk masalah administasi gak sulit kok.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum dok...
    Mohon sarannya dong dok, wahana isip yang banyak di minati itu dimana ya dok??
    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tergantung yaa.. sekarang sudah banyak wahana internsip.. biasanya semakin bagus wahana tersebut,, semakin banyak pula peminatnyaa..

      Hapus